Integrasi untuk Tumbuh, Inovasi untuk Makmur


Integrasi untuk Tumbuh, Inovasi untuk Makmur
DA Medvedev, PRESIDEN FEDERASI RUSIA; KETUA APEC 2012;
TUAN RUMAH KTT APEC PADA SEPTEMBER 2012 DI VLADIVOSTOK, RUSIA
Sumber : KOMPAS, 6 Februari 2012


Pada 2012, Rusia mengetuai forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik, APEC. Kota Vladivostok dipersiapkan untuk menyelenggarakan KTT APEC. Bagi kami, hal ini bukan saja misi kehormatan, melainkan juga tugas yang sangat penting.
Rusia adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kawasan Asia Pasifik yang luas dan semakin maju. Pentingnya kawasan ini bagi pembangunan sosial-ekonomi Rusia, terutama bagi Siberia dan Timur Jauh, merupakan suatu kenyataan. Oleh karena itu, salah satu prioritas kami yang tak bisa dipersoalkan adalah interaksi dengan negara-negara Asia Pasifik di bidang perdagangan dan penanaman modal serta keikutsertaan aktif dalam integrasi regional.

Kami memiliki yang bisa ditawarkan kepada mitra-mitra kami untuk mengatasi masalah energi, transportasi, ilmu dan teknologi, serta pelestarian alam di kawasan Asia Pasifik. Juga untuk mengembangkan dialog antar-peradaban yang luas dan lengkap serta menjamin secara komprehensif stabilitas politik-militer di kawasan ini. Kami pun siap secara efektif berinteraksi di bidang penanggulangan bencana dan pemberantasan terorisme.

Berpartisipasi Aktif

Dalam Deklarasi Pemimpin APEC (APEC Leaders Declaration) yang diadopsi di Hawaii, AS, tercantum secara jelas bahwa ”kawasan kita adalah pelopor pertumbuhan global” (our region is now the vanguard for global growth). Rusia sebagai ketua forum ini akan berbuat sebanyak mungkin guna memperkokoh posisi Asia Pasifik sebagai yang 
terdepan.

Apa yang ingin kami buat secara konkret? Pertama-tama, Rusia bertekad melestarikan kesinambungan dalam kerja APEC. Pemerintah Rusia juga akan berupaya mengembangkan secara konstruktif agenda tradisional forum ini.

Arah kunci kerja kami adalah terus meliberalisasikan kegiatan di bidang perdagangan dan investasi di Asia Pasifik serta memperkokoh integrasi ekonomi regional. Kami mengharapkan meraih hasil-hasil praktis dari jaringan kerja sama yang fundamental ini bagi APEC.

Sejak Rusia menjadi anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), wakil-wakil negara kami mendapatkan peluang ikut serta sepenuhnya dalam pembahasan isu-isu liberalisasi perdagangan. Justru posisi bersatu ekonomi-ekonomi APEC harus membantu mereka, negara-negara anggota, keluar dari jalan buntu dalam proses perundingan perdagangan multilateral dan membuat perundingan ini lebih konstruktif.

Partisipasi aktif dalam integrasi regional adalah pilihan yang kami sadari. Menurut saya, itulah satu-satunya pilihan yang benar. Untuk itu, kami—bersama dengan Kazakhstan dan Belarus sebagai Uni Bea Cukai—siap membahas persetujuan-persetujuan mengenai perdagangan bebas (FTA) dengan perekonomian- perekonomian APEC. Dengan terbukanya peluang bagi potensi ”ruang ekonomi bersatu”, hal ini bisa membuka arah aktivitas integrasi APEC yang memiliki kualitas baru dan menciptakan prospek-prospek perluasan pasar Asia Pasifik ke seluruh Benua Eurasia.

Rusia pun berniat mendorong peningkatan kerja sama dalam kerangka APEC untuk menjamin keamanan pangan. Seperti halnya ekonomi-ekonomi anggota APEC, kami berkepentingan adanya produk makanan yang terjangkau secara fisik dan ekonomi serta berkualitas tinggi dan aman.

Tanggung jawab sosial pemerintahan periode pascakrisis terus meningkat. Hal ini menegaskan keperluan kita untuk menciptakan arsitektur pasar pangan yang mantap serta menurunkan fluktuasi harga di pasaran. Selain itu, penting juga terus mencari dana untuk menjamin pengembangan pertanian berdasarkan pada peningkatan investasi timbal balik, penggunaan teknologi modern, dan pematuhan terhadap standar-standar mutu.

Prospek perkembangan integrasi di Asia Pasifik berhubungan erat dengan kebutuhan untuk menyempurnakan sistem transportasi dan logistik atau, seperti yang sering dinamakan oleh anggota-anggota APEC, untuk menjamin konektivitas rantai produksi dan penjualan di kawasan tersebut. Rusia siap menawarkan akses ke koridor transportasinya yang merupakan jalan terdekat penghubung Asia dan Eropa.

Kami sadar bahwa jalan-jalan itu harus dimodernisasi, yang tentunya butuh investasi besar. Hal ini akan dibahas dengan mitra-mitra kami dan saya yakin mereka akan berminat terhadap tawaran kami. Kami sudah mempunyai hasil kerja praktis dalam penggunaan teknologi modern di bidang transportasi, antara lain mengenai rute dan penanganan kargo serta pengawasan gerakan sarana dan wahana pengangkutan.

Untuk menjamin pertumbuhan ekonomi yang stabil diperlukan orientasi terhadap pembangunan inovatif. Tema ini adalah salah satu prioritas bagi Rusia yang kiranya perlu direspons secara aktif oleh mitra-mitra di APEC. Rusia akan mendorong interaksi yang luas antara universitas-universitas, pusat-pusat penelitian, dan perusahaan-perusahaan kita. Kerja sama di bidang pendidikan dan pengembangan potensi manusia juga sangat penting. Perlindungan kekayaan intelektual pun menjadi semakin aktual. Kami juga melihat peluang untuk memajukan prakarsa bersama di bidang-bidang tersebut dalam APEC.

Rusia adalah salah satu pemasok energi utama ke pasar global, tetapi kami berniat fokus di APEC dengan tak hanya pada isu pokok penjualan bahan bakar. Isu ini tentu saja sangat penting untuk saat ini, hari ini, tetapi kami juga harus memikirkan tentang hari esok. Oleh karena itu, kami akan terus mempromosikan diskusi konstruktif mengenai spektrum luas penjaminan keamanan energi serta pertumbuhan ”hijau”.

Perlu Usaha Bersama

Kawasan Asia Pasifik adalah salah satu kawasan yang paling rentan terhadap berbagai bencana. Gempa bumi dan tsunami serta bencana antropogenik dan epidemi menuntut kita harus melipatgandakan upaya untuk meningkatkan persiapan ekonomi anggota APEC terhadap bencana alam dan keadaan darurat lain.

Selama masa kepemimpinan Rusia di APEC, forum itu juga akan terus fokus pada kerja sama di bidang pemberantasan terorisme dan kejahatan lintas batas. Menurut saya, tak ada yang akan mempertanyakan pentingnya aspek kegiatan APEC.

Ini adalah bidang utama kegiatan Rusia di bawah moto: ”Integrasi untuk Tumbuh, Inovasi untuk Makmur”. Saya yakin, dengan usaha bersama, pada 2012 kita akan berhasil memperkokoh integrasi Asia-Pasifik yang akan memberikan manfaat pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran di kawasan ini. ●

◄ Newer Post Older Post ►