Cowok Cakep Punya Sistem kekebalan Tubuh Lebih Kuat?

 Kebanyakan wanita tentu tergila-gila pada wajah tampan dan tubuh yang gagah. Ketertarikan akan wajah tampan dan tubuh macho tersebut bisa jadi bersumber dari ketertarikan wanita akan pria yang memiliki ketahanan tubuh yang kuat. Faktanya, pria-pria tampan dan macho memiliki hormon seks dan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

"Pria yang memiliki hormon seks testosteron kadar tinggi ternyata memiliki penampilan yang lebih keren dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat," kata Fhionna Moore dari Abertay University di Inggris seperti dilansir LiveScience, Rabu (22/2/2012).

Untuk sampai pada kesimpulan ini, Moore ini merekrut 74 orang pria Latvia berusia awal 20 tahunan agar mau memberikan sampel darahnya sebelum diberi vaksin Hepatitis B dosis pertama. Vaksin ini memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang berfungsi melawan virus. Para peneliti mengukur kadar antibodi, kadar testosteron dan tingkat hormon stres kortisolnya.

Selanjutnya, 94 orang wanita Latvia yang juga berusia awal 20 tahunan diminta menilai daya tarik dari foto setiap pria pada skala 10 poin. Para peneliti kemudian mencari hubungan antara respon imun yang diukur dengan antibodi Hepatitis B, tingkat hormon testoteron dan daya tarik para pria.

Peneliti menemukan bahwa tingginya hormon testosteron berkorelasi dengan wajah tampan dan respon sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pria yang memiliki sistem kekebalan tubuh paling kuat dinilai lebih tampan daripada pria yang memiliki sistem ketahanan tubuh yang lemah.

Hubungan antara testosteron dan wajah tampan paling kuat ditemui pada pria yang memiliki hormon stres kortisol yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mempengaruhi penilaian daya tarik oleh wanita.

Temuan yang dimuat jurnal Nature Communications ini menunjukkan bahwa wanita dapat tertarik pada wajah tampan karena penampilan yang macho merupakan pertanda kesehatan yang prima.

Banyak penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara hormon seks testosteron dengan sistem kekebalan tubuh. Namun penelitian ini adalah yang pertama kalinya menghubungkan pendapat wanita mengenai penampilan pria dengan kekuatan sistem kekebalan tubuhnya secara langsung. Peneliti selanjutnya berharap untuk mengetahui apakah temuan ini juga dapat diterapkan pada berbagai budaya dan rentang usia.
Sumber
◄ Newer Post Older Post ►